Yuk Intip Jenis Jenis Rumah Adat Sunda

Jawa Barat memang banyak menyimpan beragam kebudayaan nilai sejarah. Beragam corak sejarah tersebut dapat dilihat melalui sebuah bangunan dengan simbol tertentu layaknya rumah adat. Di sunda, terdapat rumah adat yang beragam dan memiliki nilai historis dan makna yang tinggi bagi masyarakat sekitar. Berikut jenis rumah adat yang ada di Jawa Barat.

Beberapa Jenis Rumah Adat Yang Ada Di Jawa Barat

  1. Saung Ranggon

Rumah adat satu ini telah hadir dan dibangun sejak abad ke 16. Pada awalnya tujuan dari pembuatan bangunan rumah ini yakni sebagai tempat untukย  bersembunyi dari kejaran pihak belanda. Namun, seiring berjalannya waktu, rumah adat ini berfungsi sebagai tempat menyimpan berbagai benda pusaka. Bahkan, banyak juga yang menggunakannya sebagai tempat ziarah.

  1. Badak Heuay

Rumah adat sunda badak heuay ini memiliki model atap yang menganga. Tak heran jika banyak orang yang menyebut bangunan adat tersebut sebagai badak heuay karena memang bentuknya mirip dengan seekor badak yang sedang menguap. Rumah jenis ini akan sangat mudah anda jumpai di wilayah Sukabumi, Jawa Barat.

  1. Julang Ngapak

Julang ngapak merupakan salah satu rumah adat tertua yang terdapat di Jawa Barat. Bangunan adat ini memiliki desain atap yang mirip seperti seekor burung sedang mengepakkan sayapnya. Desain dari bangunan tersebut memiliki nilai simbolik yang masih dijunjung tinggi oleh sesepuh di Jawa Barat.

Itulah informasi mengenai jenis bangunan adat yang terdapat di Jawa Barat. Dengan adanya informasi tersebut, semoga dapat memberikan anda pengetahuan mengenai nilai sejarah yang ada di kebudayaan Sunda. Dengan begitu, saat mengunjungi kawasan itu, anda dapat dengan mudah untuk beradaptasi dengan budaya yang ada di sana.

 

Yuk Intip Jenis Jenis Rumah Adat Sunda
Scroll to top