Top 5 Universitas Luar Negeri dengan Biaya Murah

Menempuh pendidikan di negeri orang adalah kebanggaan tersendiri karena tak semua orang mendapatkan kesempatan itu. Ini karena anggapan bahwa perkuliahan di luar negeri sangat mahal. Kenyataannya, ada beberapa universitas luar negeri dengan biaya murah.

Sekarang, ada banyak beasiswa kuliah luar negeri yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, ada juga universitas yang memang asli murah biayanya walaupun tanpa program beasiswa luar negeri. Yuk, simak beberapa universitas dengan biaya perkuliahan murah!

Universitas Bergen

Bergen University ini berada di Negara Norwegia. Universitas ini termasuk dalam kategori Universitas Negeri paling murah di seluruh dunia.

Berapa sih biaya perkuliahan di Universitas ini? Kenyataannya, seluruh mahasiswa dapat belajar dengan tenang di perguruan tinggi Bergen tanpa biaya sepeserpun. Artinya, 100% free.

Namun, Anda perlu tahu satu hal mengenai kehidupan di Norwegia. Biaya hidup sehari-hari membutuhkan uang yang cukup tinggi. Bahkan, New York yang terkenal dengan tingginya biaya pajak masih kalah dengan tingginya biaya hidup di Norwegia.

Jika Anda tak mengeluarkan uang untuk perkuliahan Bergen, Anda harus tetap mengeluarkan uang sekitar Rp. 230.000.000 per tahunnya. Angka yang cukup fantastic, kan?

Universitas Jerman

Ada beberapa universitas di Jerman yang tidak terlalu membebani mahasiswa dengan biaya mahal. Diantaranya adalah Heidelberg University, Munich University, dan juga Bonn University.

Seperti halnya dengan perguruan tinggi di Norwegia, pemerintah Jerman ikut memberikan biaya perkuliahan yang cukup terjangkau setiap tahunnya, yakni sekitar 7 hingga 8,5 juta rupiah. Biaya tersebut berlaku untuk seluruh mahasiswa baik setempat maupun internasional.

Menariknya, beberapa Universitas Jerman juga menyediakan program beasiswa atau kuliah gratis. Program tersebut untuk mahasiswa S1 atau undergraduate. Inilah kenapa banyak mahasiswa Indonesia dan negara lain yang memilih kuliah di Jerman.

Malaya University

Malaya University termasuk perguruan tinggi unggulan yang menawarkan biaya paling murah di seluruh dunia. Di setiap tahunnya, Anda hanya perlu mengeluarkan uang perkuliahan sebesar 55 juta. Untuk universita unggulan, biaya sejumlah itu tergolong sangat ramah.

Kelas universitas luar negeri dengan biaya murah ini mampu menyaingi kelas Universitas lainnya. Apalagi, lokasinya sangat strategis sehingga membuat para mahasiswa semakin betah dan mengidolakannya. Ya, Universitas Negeri yang terkenal ini terletak di Kuala Lumpur, tepatnya di pinggiran kota.

Brigham Young University

Selanjutnya, ada Brigham Young University yang juga menjadi favorit mahasiswa dari negara lain. Tentunya, ini karena biayanya yang lebih murah dibanding semua universitas di dunia. Perguruan tinggi terletak di Negara Amerika Serikat.

Untuk biaya selama masa perkuliahan di Brigham Young hanya sekitar 209 juta. Dengan uang sejumlah itu, Mahasiswa juga telah mendapatkan akomodasi gratis. Penawaran yang cukup menggiurkan, bukan?

Sebenarnya ada alasan tersendiri dibalik murahnya biaya kuliah di Brigham Young University. Ya, banyak perusahaan besar yang memberikan dana bantuan melalui sebuah program yang bernama corporate social responsibility.

Selain biaya murah, lembaga ini menawarkan kelas perkuliahan yang tergolong kecil. Artinya tiap kelas hanya beberapa penghuni saja. Dengan begitu, mahasiswa akan fokus dan enjoy selama pembelajaran di kampus Provo, utah.

National Taiwan University

Salah satu universita favorit di Taiwan dengan biaya murah adalah National Taiwan University. Meskipun biaya murah, namun kampus Taiwan ini berkualitas.

Pemerintah juga telah menargetkan banyaknya mahasiswa internasional yang masuk, yakni 150 ribu tiap periode. Jadi, Anda pun berkesempatan untuk kuliah di luar negeri dengan biaya murah.

Di Universitas Taiwan ini, Anda hanya butuh mengeluarkan uang perkuliahan sekitar 25 hingga 30 juta per tahun. Biaya tersebut cukup murah untuk menempuh pendidikan S1 bahkan magister.

Itulah beberapa daftar universitas luar negeri dengan biaya murah. Anda bisa mencoba mendaftar secara mandiri atau mengikuti program beasiswa luar negeri yang tersedia. Yang pasti, kuatkan niat dan tekad karena masalah biaya adalah nomor kesekian.

Top 5 Universitas Luar Negeri dengan Biaya Murah
Scroll to top