Mengunjungi Berbagai Macam Tempat Wisata di Sragen

Sragen merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Julukan dari Kabupaten Sragen adalah Bumi Sukowati. Julukan ini mulai muncul sejak zaman Kasunanan Surakarta. Sragen bukan hanya sebuah kabupaten yang sudah ada sejak zaman kekuasaan Kasunanan Surakarta saja akan tetapi juga menjadi sebuah daerah dengan banyak destinasi wisata. Para wisatawan yang datang ke Sragen bisa mengunjungi berbagai tempat wisata alam dengan pemandangan yang mempesona. Selain itu, para wisatawan juga bisa melakukan tur wisata sejarah di Sragen. Berikut ini beberapa pilihan tempat wisata yang ada di Sragen.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sragen

Salah satu tempat wisata yang menjadi ikon dari Sragen adalah Museum Fosil Sangiran yang juga dikenal sebagai Museum Purbakala Sangiran. Museum ini terletak di Kebayanan II, Krikilan, Kalijambe, Sragen. Museum Fosil Sangiran cocok bagi para wisatawan yang ingin berwisata dengan tema tur sejarah. Hal ini dikarenakan Museum Fosil Sangiran dibangun pada area situs Sangiran yang merupakan situs purbakala. Situs Sangiran telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Museum Fosil Sangiran ini menyajikan berbagai macam informasi tentang manusia purba yang ditemukan di situs tersebut seperti Homo erectus. Selain itu, ada berbagai informasi mengenai perkembangan dan kehidupan manusia purba yang pernah tinggal di Jawa. Umur fosil yang ada di Museum Fosil Sangiran bervariasi mulai dari 200.000 tahun hingga 2 juta tahun. Oleh karena itu, Museum Fosil Sangiran cocok bagi wisatawan yang ingin berwisata sekaligus belajar mengenai sejarah.

Para wisatawan yang datang ke Sragen juga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata alam yang terkenal yaitu Waduk Kedung Ombo. Nama Waduk Kedung Ombo memiliki arti Kedung Cinta. Tempat wisata ini dibangun mulai tahun 1985 dan diairi pada tahun 1989. Saat ini, Waduk Kedung Ombo menjadi salah satu objek vital bagi masyarakat di sekitar. Sedangkan bagi wisatawan, mereka bisa berfoto di salah satu spot foto dengan background desain merah hati. Selain itu, para wisatawan juga bisa mengelilingi waduk menggunakan kapal yang sudah disediakan. Para wisatawan juga bisa datang ke pulau yang letaknya di tengah waduk.

Tempat wisata alam lain yang lokasinya tersembunyi di Sragen adalah Kedung Grujug. Tempat wisata ini merupakan sebuah tempat wisata air terjun yang terletak di Sendang boto, Soko, Miri, Sragen. Air terjun yang ada di Kedung Grujug memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 3 m. Akan tetapi, ada kolam di bawah air terjun yang bisa menjadi tempat berenang bagi para wisatawan. Salah satu hal unik di Kedung Grujug adalah bentuk tebing yang menyerupai seperti relief unik. Bentuk tebing ini dipengaruhi oleh erosi air terjun. Oleh karena itu, para wisatawan bisa melihat pemandangan air terjun yang asri sembari bermain air di sekitar air terjun.

Tips Berwisata ke Sragen

Daya tarik lain dari Sragen yang membuat banyak wisatawan datang adalah wisata kuliner yang ditawarkan. Ada berbagai macam kuliner terkenal seperti sate kelinci, bothok mercon, dll. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang berwisata dan menginap di Sragen. Bagi para wisatawan mereka bisa menginap di hotel maupun penginapan yang memiliki harga terjangkau dengan fasilitas lengkap. Untuk memilih hotel atau penginapan tersebut, mereka bisa melakukan reservasi terlebih dahulu. Salah satunya melalui situs hargatiket.net.

Mengunjungi Berbagai Macam Tempat Wisata di Sragen
Scroll to top