Tempat wisata di Banyuwangi

Banyuwangi merupakan sebuah Kabupaten di ujung Pulau jawa dan berbatasan dengan Pulau Bali. Hingga mendapat julukan Sunrise or Java karena letaknya yang berada di ujung timur Pulau Jawa.

Kini, tempat wisata di  Banyuwangi tengah populer dan menjadi salah satu kota dengan tujuan wisata paling dicari di Indonesia hingga turis mancanegara.

Dikutip dari website Suwatu.com, berikut ini adalah rekomendasi 5 tempat wisata di Banyuwangi yang populer dan wajib dikunjungi para wisatawan :

1. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional ini merupakan kawasan heterogen dengan luas 58.000 hektare dan terletak di ketinggian 900 – 1.223 meter di atas permukaan laut. Dari informasi yang beredar kawasan ini merupakan kawasan habitat terakhir harimau jawa.

Pada kawasan hutan, terdapat banyak binatang liar dan termasuk dalam kawasan cagar alam, antara lain kucing hutan, macan tutul, kera, rusa, hingga burung merak. Selain kawasan hutan, Anda juga menjumpai indahnya Pantai Rajag Wesi dan Pantai Sukamade yang dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu.

2. Pulau Tabuhan

Pulau tabuhan memiliki luas lahan sekitar 5 hektare, dan berada di tengah Selat Bali, yang memisahkan antara Pulau Bali dan Pulau Jawa. Untuk dapat sampai di pulau ini, Anda bisa menuju ke Pantai Bangsring, dengan jarak tempuh sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banyuwangi.

Dari Pantai Bangsring, nantinya Anda akan sampai Pulau Tabuhan dalam waktu 30 menit. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan air laut berwarna hijau kebiruan. Anda juga bisa snorkeling dan melihat berbagai macam spesies ikan, bunga karang, dan sebagainya.

3. Blue Bay

Blue Bay merupakan sebuah teluk yang  masih berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini populer akan air lautnya yang biru jernih. Apalagi jika And mengabadikannya dari ketinggian, akan semakin indah pesona Blue Bay ini. Selain itu, Anda bisa melakukan snorkeling.

Harga sewa perahu di Blue Bay dengan kisaran harga antara Rp 300.000,- hingga Rp 500.000,- . Meskipun terbilang mahal, Anda tidak akan merasa rugi karena mengunjungi tempat eksotis ini, selain itu terumbu karangnya juga masih sangat dijaga kelestariannya.

4. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo merupakan paket lengkap dari sebuah wisata alam. Bukan tanpa alasan, hal tersebut karena di Taman Nasional ini terdapat pantai, hutan lebat, hingga padang savana, yang berada di dalam satu kawasan di Alas Purwo.

Hutan yang masih alami yang di dalamnya menjadi kehidupan bagi hewan liar dan tumbuhannya, membuat pesona Taman Nasional Alas Purwo semkin menakjubkan.

Selain hutan, Pantai Trianggulasi di kawasan ini terdapat penyu-penyu yang berhabitat disini, seperti penyu belimbing, penyu sisik, penyu abu-abu, serta penyu hijau.

5. Agrowisata Kalibendo

Tempat wisata di Banyuwangi selanjutnya masalah Agrowisata Kalibendo. Tempat ini berada di antara kebun teh dan kopi, sehingga memberikan suasana yang sejuk khas perkebunan dan cocok buat Anda yang ingin mengusir penat dari hiruk pikuk kota. Anda juga bisa bersepeda di disini, lho.

Di kawasan ini terdapat air terjun dengan air yang sangat jernih. Tak perlu repot mencari lokasi ini, Anda hanya perlu berjalan menuju rute Kawah Ijen, maka akan banyak penunjuk jalan menuju lokasi ini.

6. Kalibaru

Bagi penggemar tracking, tempat wisata Kalibaru akan cocok untuk Anda. Tempat ini populer dengan udara yang sejuk dan alami, karena dikelilingi oleh  Gunung Gending, Gunung Terong, Gunung Raung, Gunung Gumitir, hingga Gunung Menyan. Setelah tracking, Anda dapat menikmati air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan lebat.

Demikian rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang cocok untuk Anda kunjungi ketika berlibur bersama keluarga.

Tempat wisata di Banyuwangi
Scroll to top