Makanan untuk Penderita Covid yang Diremendasikan oleh Ahli Gizi

Covid telah melanda dunia selama dua tahun lebih dan telah banyak memakan korban jiwa. Banyak aksi yang telah dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah untuk menekan jumlah pasien covid. Tidak hanya berolahraga, menjaga kesehatan, menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan mengenakan masker, warga dihimbau untuk mengkonsumsi makanan bergizi sehingga tidak mudah tertular virus Corona. Bagi masyarakat yang terlanjur terpapar virus covid, mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang telah direkomendasikan oleh dokter atau ahli gizi.

Makanan untuk Penderita Covid yang Direkomenasikan

Menurut penjelasan dari gizigo.id, ahli gizi merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi protein bagi penderita covid. Protein dapat membuat perbaikan pada sel yang rusak akibat serangan virus. Tidak hanya itu, protein juga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh . Untuk setiap harinya, pasein covid sebaiknya mengkonsumsi protein berjumlah 60 hingga 120 gram. Ayam, telur, produk susu, ikan dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang dapat diasup.

Makanan dengan mineral dan vitamin yang tinggi juga menjadi jenis makanan bagi penderita covid yang dianjurkan oleh ahli gizi. Mineral dan vitamin yang tinggi dapat diperoleh dari buah, sayur dan kacang-kacangan. Penderita covid dapat mengkonsumsi sayuran sebanyak 5 porsi dan buah sebanyak 2 porsi setiap harinya. Buah yang dikonsumsi harus terhindar dari kandungan gula yang tinggi. Makanan dengan kandungan karbohidrat komplek turut menjadi jenis makanan yang baik untuk pasien covid. Makanan jenis ini memberikan manfaat untuk sistem pencernaan dan kaya akan serat. jenis makanan dengan kandungan karbohidrat komplek adalah kentang, gandum, talas, singkong dan beras.

Pasein covid sebaiknya mengkonsumsi makanan yang padat akan kalori. Ketika tubuh melawan virus, tubuh membutuhkan energi yang banyak. Untuk mengatasi masalah energi yang berkurang akibat covid, makanan dengan kandungan kalori adalah solusi terbaik. Makanan dengan kalori yang padat menjadi menu diet bagi pengidap covid yang direkomendasikan.

Hal yang Perlu Dilakukan oleh Pengidap Covid

Selain memperhatikan asupan yang dikonsumsi sehari-hari, pengidap covid juga perlu melakukan beberapa kegiatan yang wajib dilakukan. Salah satu kegiatan tersebut adalah menggunakan masker. Meskipun sedang menjalani pengobatan, pengidap masker harus selalu mengenakan masker. Masker dapat mencegah penularan virus yang dapat merugikan orang lain. Tidak hanya di luar ruangan, masker juga harus dikenakan di dalam ruangan oleh pasien covid.

Mencuci tangan dan menjaga jarak menjadi hal lain yang wajib dilakukan oleh pasien covid. Cara ini dilakukan agar virus tidak berkembang dan menular ke orang lain. Mencuci tangan sebaiknya menggunakan air yang mengalir dan sabun. Penderita covid harus terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Jika memungkinkan, pasien covid sebaiknya tinggal dilokasi yang jauh dari pemukiman padat penduduk. Pasien covid dapat berjemur selama 15 menit. Resiko mengalami paparan virus sangat lemah bagi mereka yang tercukupi vitamin D ddengan baik. Menurut data yang ada, pasien covid merupakan orang-orang yang memiliki kandungan vitamin D rendah.

Kegiatan lainnya yang berguna bagi penderita covid adalah selalu bepikir secara positif. Dengan berpikiran positif, kesembuhan pasien covid dapat dimaksimalkan. Berpikir dengan positif juga dapat disertai dengan beribadah dan berdoa. Pengidap covid nantinya dapat merasa tenang sehingga proses kesembuhan dapat berjalan dengan baik. Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis makanan yang perlu dikonsumsi oleh penderita covid dan penjelasan mengenai kegiatan yang perlu dilakukan.

 

Makanan untuk Penderita Covid yang Diremendasikan oleh Ahli Gizi
Scroll to top