Gunung Slamet

Gunung Slamet  adalah gunung berapi tipe A yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Ketinggian Gunung Slamet mencapai 3.432 mdpl dan berada di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang.

Nama slamet sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti selamat. Nama ini disematkan agar gunung ini tidak pernah meletus kembali dan memberikan rasa aman bagi warga sekitar. Menurut kepercayaan, bila Gunung Slamet sampai meletus, maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian. Meski demikian Gunung Slamet pernah aktif beberapa kali.

Gunung Slamet memiliki suhu rata-rata paling dingin di pulau Jawa dan curah hujan tahunan paling tinggi di Indonesia yakni 8.134,00 milimeter per tahunnya.

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi  tertinggi kedua di pulau Jawa, setelah Gunung Semeru dan Gunung Tertinggi di Jawa Tengah. Meskipun medannya cukup sulit, namun banyak yang mendaki Gunung Slamet sebagai tujuan pendakian.

Gunung Slamet memiliki kawah IV yang merupakan kawah terakhir yang masih aktif hingga sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga pada tahun 2009. Selain itu, di kaki gunung terdapat kawasan wisata Baturraden yang menjadi wisata populer di Kabupaten Banyumas. Terdapat pula wisata pemandian air panas Guci yang berada di sisi utara Gunung Slamet di Kabupaten Tegal.

Gunung Slamet
Scroll to top