Dijuluki Sebagai kota Hujan, Berikut Fakta Menarik Sejarah dan Asal Usul Kota Bogor

Menjadi salah satu kota yang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi menjadikan Bogor dijuluki sebagai kota hujan. Selain itu, kota tersebut juga memiliki sejumlah cerita sejarah peradaban yang sangat panjang, bahkan keberadaannya sudah dimulai sejak abad ke IV Masehi. Yuk, simak berikut fakta menarik dari sejarah dan asal usul Kota Bogor di Jawa Barat.

Sejumlah Fakta Menarik Sejarah dari Kota Bogor

  1. Sebagai Kawasan Pendidikan

Dilihat berdasarkan literatur sejarah yang ada, kota tersebut dianggap sebagai kota dengan kawasan pendidikansejak jaman pemerintah Kolonial Belanda. Khususnya dalam ilmu pendidikan pertanian dan peternakan. Dahulu, nama kotanya adalah Buitenzorg dan telah banyak bangunan atau gedung penelitian yang dibangun untuk membantu perekonomian Belanda.

  1. Kota dengan Curah Hujan Tertinggi

Dengan lokasinya yang berada pada puncak ketinggian 190- 300 mdpl yang membuat suhu udara wilayah Kota Bogor relatif lebih sejuk. Ditambah dengan curah hujan yang tinggi pada wilayah tersebut. Ternyata kondisi iklim tersebut sudah ada sejak jaman dahulu dan masih bertahan hingga sekarang meski semakin bertambah penduduknya.

  1. Lambang dari Kota Bogor

Seperti halnya pada kota-kota besar lainnya, Bogor juga memiliki lambang yang menggambarkan kondisi, ciri-ciri, perilaku warga, dan juga budayanya. Lambang tersebut terdiri dari gambar burung garudaย  berlatar merah , istana bogor, gunung salak dan juga senjata kujang. Lambang tersebut dianggap sebagai gambaran kota bogor di masa lalu dan masa depan.

Nah, itu tadi sejumlah fakta menarik tentang sejarah singkat dari salah satu kota besar yang ada di Provinsi Jawa Barat. Meski Bogor memiliki kondisi iklim yang berbeda, namun masyarakatnya sangat pandai memanfaatkan hal tersebut untuk bercocok tanam sebagai ilmu warisan terdahulu. Semoga sedikit informasi di atas bisa menambah wawasan mengenai kota tersebut.

 

Dijuluki Sebagai kota Hujan, Berikut Fakta Menarik Sejarah dan Asal Usul Kota Bogor
Scroll to top