Cara Menulis Cerpen Yang Menarik Untuk Pemula

Cara menulis cerpen mudah saja untuk dilakukan. Kamu hanya memerlukan kemampuan menulis yang baik agar cerita yang kamu tulis bisa tersampaikan ke pembaca. Berbeda dengan novel, cerpen ini ditulis secara singkat dan hanya menyampaikan bagian tertentu saja.

Dibawah ini akan kami jelaskan secara rinci cara menulis cerpen khususnya bagi pemula. Sehingga cerpen yang kamu buat akan tersampaikan dengan baik bagi pembacanya.

Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula Secara Rinci

Bagi kamu khususnya para pemula yang akan menulis cerpen, perhatikan langkah-langkah berikut ini :

1. Sisihkan waktu 10-20 jam

Bagi para pemula yang ingin menuliskan sebuah cerpen sebaiknya menyisihkan waktunya selama 10-20 menit. Waktu ini bisa digunakan untuk mencari ide sampai kamu menulisnya.

2. Mencari ide

Kemudian cara yang kedua yaitu dengan melakukan pencarian ide. Dalam menentukan ide ini tak harus yang rumit dan susah. Kamu bisa kok menemukan ide dalam kejadian sehari-hari.

Ide yang akan kamu tulis ini bisa dijadikan sebagai sebuah judul cerpen. Dalam mendapatkan ide yang akan kamu tulis, bisa didapatkan melalui berbagai macam sumber. Seperti melalui TV , internet , buku dan lain-lain.

3. Menulis dengan gaya sendiri

Berikutnya adalah dengan menuliskannya dalam gaya bahasa sendiri. Setiap orang yang sudah bisa membaca maupun menulis pasti bisa melakukannya.

Namun terkadang setiap orang tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Sebenarnya dalam menulis dengan gaya bahasa sendiri mudah dilakukan. Disini kamu hanya menulis sebisanya saja dan tak perlu untuk dipaksakan.

4. Menentukan Tema

Dalam suatu cerpen tentulah dibutuhkan tema ataupun gagasan inti. Jadi di dalam sebuah cerpen ini, tema tersebut bisa dikatakan sebagai suatu pondasi. Sehingga dalam mendirikan suatu bangunan tentulah tak bisa tanpa pondasi.

Sama halnya dengan cerpen. Cerpen tidak mungkin bisa ditulis tanpa kamu memiliki ide pokoknya. Ide pokok ini merupakan sesuatu hal yang akan kamu sampaikan ke pembaca.

5. Mulai membuat paragraf pembuka

Selanjutnya yaitu kamu harus memulainya dengan membuat paragraf pembuka. Dalam membuat paragraf pembuka ini tak perlu memilih yang rumit dan susah.

Meskipun begitu, kamu juga harus tahu bahwa bagian ini merupakan yang sangat penting seperti judul cerpen. Sehingga kamu juga harus membuatnya agar menarik sehingga pembaca juga akan terus menerus untuk membacanya hingga akhir.

6. Membuat Alur dan Plot

Cara menulis cerpen berikutnya yaitu dengan membuat alur dan plot. Dalam penulisan cerpen, alur dan plot ini merupakan unsur yang penting agar bisa menghasilkan cerpen yang baik.

Jadi alur dan plot ini merupakan suatu rangkaian peristiwa yang bisa menggerakkan cerita hingga bisa mencapai titik tertentu.

7. Menentukan Penokohan

Dalam menulis cerpen ini penokohan juga merupakan unsur utama yang penting dan tidak boleh ditinggalkan. Tokoh yang terdapat di cerpen ini harus bisa terlihat nyata dan hidup. Hal ini akan membuat pembaca bisa merasakan kehadirannya.

8. Tentukan Latar atau Setting

Kemudian cara menulis cerpen yang sealnjutnya yaitu dengan tidak melupakan latar atau setting. Latar atau setting ini merupakan semua keterangan yang berkaitan dengan waktu, ruang serta suasananya.

9. Membuat sudut Pandang

Sudut pandang tokoh ini adalah merupakan visi pengarang yang berwujud dalam pandangan tokoh bercerita. Adapun untuk sudut pandang yang paling umum digunakan dalam sebuah cerpen yaitu aku, saya dan lain-lain.

Selain memahami cara menulis cerpen yang menarik di atas, kamu mungkin juga membutuhkan pengetahuan tentang contoh daftar isi.

Cara Menulis Cerpen Yang Menarik Untuk Pemula
Scroll to top